Tips dari Seorang Sanitarian untuk Menjaga Kondisi Sanitasi di Rumah

Sanitarian rutin membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh (Sumber: freepik.com).

Satu hal yang penting dalam menjaga sanitasi di rumah adalah dengan rutin membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh.

Oleh: Arda Dinata

Dalam upaya menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga, menjaga kondisi sanitasi di rumah merupakan hal yang sangat penting. Sebagai seorang sanitarian yang berpengalaman, kami memiliki beragam tips dan saran yang bisa Anda terapkan untuk menjaga rumah Anda tetap bersih dan sehat. Dengan menerapkan praktik-praktik ini, Anda dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

1. Rutin Membersihkan dan Mendisinfeksi Permukaan

Satu hal yang penting dalam menjaga sanitasi di rumah adalah dengan rutin membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh. Ini termasuk meja makan, gagang pintu, sakelar lampu, dan permukaan lainnya yang sering terpapar oleh tangan. Gunakan pembersih yang efektif untuk membunuh kuman dan virus yang mungkin ada di permukaan tersebut.

2. Menjaga Kebersihan Dapur

Dapur adalah salah satu area di rumah yang rentan terhadap kontaminasi bakteri dan kuman. Pastikan untuk membersihkan dapur secara menyeluruh setelah digunakan untuk memasak atau menyiapkan makanan. Jangan biarkan sisa makanan atau kotoran menumpuk di permukaan dapur. Selain itu, pastikan untuk menyimpan makanan dengan benar dalam wadah yang kedap udara untuk mencegah kontaminasi.

3. Menjaga Kebersihan Toilet dan Kamar Mandi

Toilet dan kamar mandi merupakan tempat di mana bakteri dan kuman dapat berkembang dengan cepat. Pastikan untuk membersihkan dan mendisinfeksi area tersebut secara rutin, termasuk toilet, wastafel, dan bak mandi. Selalu gunakan pembersih khusus yang dapat membunuh kuman dan virus. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kekeringan di area tersebut.

4. Membersihkan Udara di Rumah

Kualitas udara di dalam rumah juga sangat penting untuk kesehatan keluarga. Pastikan untuk ventilasi yang baik di rumah Anda dengan membuka jendela secara teratur untuk membiarkan udara segar masuk. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan alat pembersih udara atau tanaman hias yang dapat membantu menyaring polusi udara di dalam rumah.

5. Menjaga Kebersihan Tangan

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, adalah menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik setiap kali selesai melakukan aktivitas yang berpotensi kotor atau terpapar kuman. Ini adalah langkah sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran penyakit.

Penutup

Menjaga kondisi sanitasi di rumah merupakan tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bagi keluarga. Dengan menerapkan tips dan saran dari seorang sanitarian seperti yang telah kami sebutkan di atas, Anda dapat membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga Anda. Ingatlah bahwa praktik-praktik sanitasi yang baik adalah kunci untuk mencegah penyebaran penyakit dan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk tinggal.

Arda Dinata adalah Sanitarian Ahli & Penanggung Jawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, Tinggal di Pangandaran - Jawa Barat.


www.ArdaDinata.com:  | Share, Reference & Education |
| Sumber Berbagi Inspirasi, Ilmu, dan Motivasi Sukses |
Twitter: @ardadinata 
Instagram: @arda.dinata
A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


BACA ARTIKEL LAINNYA:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tulis Komentar Anda dan Usulan Tema Artikel Yang Anda Inginkan di Kolom Komentar di Bawah Ini Ya! 👇

Lebih baru Lebih lama